Prof Sesat

Tentang Android | Tutorial Ngeblog | Tips Komputer dan Lain-Lain

Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Error/Rusak

Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Error/Rusak - Apakah anda pernah mengalami saat mencolokkan flashdisk tidak terbaca sama sekali alias tidak terdeteksi oleh system operasi anda atau meskipun terdeteksi oleh windows tetapi setelah dilihat di properties ternyata menunjukkan kapasitas 0 byte padahal flashdisk anda berukuran 8 GB? Bingung kn. Nahh sekarang saya akan memberi tahu cara mengatasinya, silahkan disimak caranya.

Dalam kasus ini saya akan mempaparkan sebuah kasus tentang flashdisk dengan merk "Bodong" ya itu sebagai contoh aja hhee, yang terdeteksi oleh windows tetapi terbaca hanya 0 byte dan keluar jendela peringatan “Please insert a disk into drive H:” misal dalam kasus ini drive flashdisk terdeteksi di drive H.

Ada beberapa cara untuk menyelesaikan masalah flashdisk anda. langsung aja ikutilah langkah-langkah berikut ini  :

1.  Memanfaatkan Fasilitas Format HP USB Disk Storage Format Tool

Anda bisa mencoba memformat menggunakan software tools HP USB Disk Storage Format Tool. Software HP USB Disk Storage Format Tool ini dapat anda download secara Gratis melalui internet. Meskipun diperuntukkan flashdisk produksi HP, tools ini bisa sangat membantu sekali. Namun jika tetap tidak bisa menyelesaikan masalah ini, anda bisa lakukan cara yang berikutnya.

2.  Menggunakan Software untuk memperbaiki Flashdisk.

Cara yang kedua ini adalah dengan memanfaatkan beberapa tools atau software yang dapat dipakai dalam mengatasi permasalahan flashdisk yang rusak. Anda dapat mendownload software atau tools berikut ini :

  •     Super Stick Recovery Tools - Download Disini
  •     Low Level Format - Download Disini
  •     Seatools for Windows - Download Disini

Jika software atau tools diatas masih saja tidak bisa menyelesaikan masalah. Anda tidak usah bingung, masih ada satu cara yang mengatasi flashdisk yang terdeteksi dengan kapasitas 0 kb. Yuk kita simak cara terakhirnya.

3.  Melakukan Reprogram ulang IC Controller Flashdisk

Ini adalah cara terakhir dengan melakukan low level format USB Flashdisk sekaligus memflash atau melakukan program ulang terhadap IC Controller Flashdisk. Namun, Anda harus melakukan pembongkaran casing flashdisk untuk melihat type dari IC controler dari flashdisk Anda. Dalam kasus ini misal IC Controllernya adalah ALCOR-AU6986. Maka carilah di google software tools reprogram untuk IC tersebut seperti software AlcorMP_UFD untuk IC ALCOR-AU6986.

Beginilah step by step yang harus anda lakukan menggunakan program AlcorMP_UFD tools ini untuk memperbaiki flashdisk bermasalah anda (pastikan Anda telah mendownload program AlcorMP_UFD untuk IC ALCOR-AU6986 disini atau disini. Ukuran filenya kurang lebih 3,536 KB.

   1. Ekstrak file yang telah anda download.
   2. Jalankanlah file ALCORMP.EXE dengan cara klik dua kali.
   3. Pilihlah menu Setup, apabila keluar jendela password klik OK saja.
   4. Tampilan programnya adalah sebagai berikut ini.
   5. Gantilah Scan Mode menjadi Low Level Format.



   6. Kemudian klik Start(A) untuk memulai prosesnya, dan tunggulah sampai proses ini selesai.
   7. Setelah berhasil format ulang sekali lagi Flashdisk Anda menggunakan fasilitas Forma bawaan
       Windows.
Nahh selesai sudah "Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Error/Rusak" semoga dapat membantu anda dan bermanfaat bagi semuanya..

0 Komentar untuk "Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Error/Rusak"

 
Copyright © 2014 Prof Sesat - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info